Taman Rumah yang Terinspirasi dari Taman Jepang-Air Terjun dan Kerikil (2) : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Teori Lansekap » Taman Rumah yang Terinspirasi dari Taman Jepang-Air Terjun dan Kerikil (2) » Taman Rumah yang Terinspirasi dari Taman Jepang-Air Terjun dan Kerikil (2)

Taman Rumah yang Terinspirasi dari Taman Jepang-Air Terjun dan Kerikil (2)

(404 Views) Desember 13, 2016 3:10 am | Published by | No comment



Merancang taman rumah harus mempunyai konsep. Konsep menjadi dasar pemilihan tanaman (soft material) dan bukan tanaman (hard material, misal batu alam, paving, lampu taman dan lain-lain).

Konsep taman rumah bergaya tropis sering menjadi pilihan karena tanaman (soft material) dan bukan tanamam (hard materia) mudah ditemukan di supplier tanaman. Perancangan taman tropis, tanaman dirancang berdasarkan tinggi rendah tanaman, sehingga terkesan alami.

Selain konsep taman tropis, taman dengan lahan terbatas dapat menggunakan konsep taman Jepang. Taman Jepang mempunyai makna yang dalam, sehingga pemilihan material yang digunakan pada taman Jepang, seperti batu, kerikil, dan tanaman berdasarkan “bentuk” tertentu, karena semua ornamen pembentuk taman Jepang melambangkan alam dan simbol-simbol yang mempunyai makna, misal batu besar melambangkan kekuatan. Hamparan batu putih melambangkan lautan atau sungai.



Akan tetapi, ide atau konsep taman Jepang dapat diterapkan pada taman rumah, dengan menggunakan material taman yang tersedia, seperti batu, kerikil, pasir, dan jenis tanaman yang menyerupai material taman Jepang.

Konsep taman Jepang yang menjadi inspirasi adalah taman minum teh. Salah satu ornamen dari taman minum teh adalah air yang mengalir dari bambu. Dalam rancangan yang terinspirasi dari taman Jepang, air mengalir dari bambu kecil dan jatuh ke dalam batu besar. Air terjun dengan material bambu menjadi fokus utama di dalam taman.

Suara air yang jatuh ke dalam batu, tempat penampungan air dan gerakan air, memberikan kesan dinamis pada taman. Batu besar yang menjadi fokus utama taman dikelilingi oleh batu yang lebih kecil dan kerikil. Pasir halus berwarna krem menjadi groundcover dari area taman ini.

Tanaman ditata mengelompok di sekitar air terjun. Jenis tanaman disesuaikan dengan konsep taman Jepang yang tenang dan simpel. Jenis dan jumlah tanaman yang digunakan sedikit, mempunyai tekstur daun yang halus, dan ditanam sebagai individu (atau kelompok kecil). Penataan tanaman tidak menutupi air terjun sebagai fokus utama.



No comment for Taman Rumah yang Terinspirasi dari Taman Jepang-Air Terjun dan Kerikil (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>