Seri Taman Rumah Kecil : Berapa Luas Taman Rumah Kecil? : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » taman rumah » taman rumah kecil » Seri Taman Rumah Kecil : Berapa Luas Taman Rumah Kecil? » Seri Taman Rumah Kecil : Berapa Luas Taman Rumah Kecil?

Seri Taman Rumah Kecil : Berapa Luas Taman Rumah Kecil?

(1667 Views) Desember 3, 2016 10:35 am | Published by | No comment



Luas taman rumah berukuran kecil kurang dari 4m2, dengan bentuk yang bermacam-macam, bisa 2×2 m2, 4×1 m2, atau lebih kecil. Walau kecil, tapi taman dapat memberikan kesan asri di dalam rumah.

taman-kecil-kacang-hias-semak

Luas taman kecil menyebabkan rancangan taman harus menyesuaikan dengan luas tapak, agar sesuai dengan fungsi taman. Kesan luas dan lapang pada taman, dapat dilakukan dengan pemilihan tanaman yang tepat

Sebelum merancang taman rumah kecil, perhatikan lokasi taman, arah sinar matahari, dan Apakah taman tertutup dinding (batas properti) atau bangunan?



Taman yang terletak di depan rumah, walau berukuran kecil akan menimbulkan kesan luas karena berdampingan dengan jalan. Sedangkan taman dengan ukuran yang sama, jika terletak di belakang atau samping rumah akan terasa sempit, karena dibatasi dinding batas lahan rumah dan bangunan.

taman-kecil-di-depan-rumah-terasa-luas

Taman di depan rumah dengan luas 4m2 atau kurang masih dapat ditanam pohon, misal palem, pohon belimbing, Kamboja. Sedangkan taman dengan luas 4 m2, di taman belakang tidak dapat ditanam pohon. Tanaman dengan lahan yang kecil, hanya dapat ditanam tanaman semak dan perdu.

Taman yang terkena sinar matahari langsung akan memberikan kesan segar dan terasa lebih luas, berbeda dengan taman yang tidak terkena sinar matahari (di bawah naungan).

Dalam merancang taman kecil perhatikan pola ruang pada taman. Jika taman berbentuk 1×4 m2 dan terletak di belakang rumah, tanaman yang lebih tinggi dirancang di bagian sisi kanan dan kiri. Sedangkan, tanaman yang lebih rendah dapat ditanam di bagian tengah taman. Pilih tanaman yang mempunyai tekstur daun yang halus. Hindari menggunakan tanaman dengan tekstur daun yang besar dan kasar.

Pintu atau jendela kaca yang menghubungkan antara rumah dan taman, memberikan kesan seolah-olah taman menyatu dengan ruang dalam.

Sedangkan taman kecil di depan rumah, dapat dirancang menggunakan tanaman bertekstur sedang dan halus, dengan beberapa kelompok tanaman yang berbeda warna, sehingga taman terlihat penuh.

taman-kecil-rumput-kelompok-semak



No comment for Seri Taman Rumah Kecil : Berapa Luas Taman Rumah Kecil?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>