Seri Lantai : Paving Block Untuk Lansekap (3) : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Hard Material » lantai » Paving Block Untuk Lansekap » Seri Lantai : Paving Block Untuk Lansekap (3)

Seri Lantai : Paving Block Untuk Lansekap (3)

(542 Views) Oktober 24, 2016 2:28 am | Published by | No comment



Paving block merupakan material buatan pabrik, digunakan untuk melapisi lantai untuk perkerasan, misal parkir, carport, jalur kendaraan, plaza, dan jalur pejalan kaki. Paving block mempunyai bentuk, warna, corak, tektur permukaan, dan kekuatan yang berbeda-beda, sehingga dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Paving block dengan ketebalan 8 cm digunakan untuk area yang luas untuk jalur kendaraan. Sedangkan ketebalan 6 cm untuk carport, trotoar, dan lantai taman rumah.

Paving block mempunyai nama lain yaitu; bata beton (concrete block) dan cone block.

Kelebihan

1.Pada saat pemasangan paving block terdapat celah antar block. Paving block dipasang, menggunakan pasir sebagai alas, sehingga mudah menyerap air. Air tidak terbuang ke luar area tapi masuk ke dalam tanah.

2.Paving block dipasang dengan cara memadatkan pasir sebagai alas. Setelah itu, paving block disusun di atasnya. Mudah dalam pemasangan dan penggantian block, jika ada block yang pecah.



3.Motif dan bentuk yang bermacam-macam sesuai kebutuhan, misal paving block khusus untuk rumput (bagian tengah dapat ditanami rumput). Paving block untuk bagian pinggir (pembatas) dengan taman atau area lain.

4.Mudah dalam perawatan dan pemeliharaan..

Kekurangan

1.Bila pondasi pasir tidak kuat/padat dan pemasangan paving block tidak rapat (terdapat celah yang cukup besar dan tidak rata) , permukaan paving block mudah bergelombang dan pecah, membahayakan pejalan kaki.

2.Paving block mudah berlumut, untuk membersihkan dapat menggunakan cairan fungisida.

3.Cocok untuk area lingkungan perumahan yang traffic (arus lalu lintas) rendah dan kecepatan kendaraan rendah.

Contoh pemasangan paving block pada area main entrance (pintu masuk utama) club house.

Pola paving block dirancang membentuk pola melingkar. Bagian dalam lingkaran menggunakan gradasi warna kuning sampai warna coklat tua yang disusun secara acak. Pola paving block berwarna merah, abu-abu tua dan abu-abu muda dirancang di bagian luar lingkaran. Bagian pinggir area jalur kendaran menggunakan paving block khusus, (paving block pembatas) dengan warna abu-abu tua. Ukuran paving block di bagian pinggir lebih besar dari pada paving block di bagian tengah.



No comment for Seri Lantai : Paving Block Untuk Lansekap (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>