Pohon Glodokan Tiang (Polyalthea longifolia) di Samping Kolom Gedung Rektorat UI : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » masalah » Pohon Glodokan Tiang (Polyalthea longifolia) di Samping Kolom Gedung Rektorat UI » Pohon Glodokan Tiang (Polyalthea longifolia) di Samping Kolom Gedung Rektorat UI

Pohon Glodokan Tiang (Polyalthea longifolia) di Samping Kolom Gedung Rektorat UI

(586 Views) April 16, 2017 12:49 pm | Published by | No comment



Deskripsi
Bangunan rektorat Universitas Indonesia, Depok (PAU-Pusat Administrasi Universitas) terdiri dari kolom, atap dan dinding dengan material kaca. Garis dan bidang pada bangunan sangat teratur dan jelas. Karakter kolom sangat kuat, menerus dari bawah sampai bagian atas. Pada setiap lantai terdapat atap yang berwarna merah (sebagian menutupi kolom).

Pada beberapa kolom ditanam pohon glodokan tiang. Ketinggian pohon tidak sama satu dengan yang lain. Ada pohon yang telah mencapai 2 lantai, tapi ada yang masih 1 lantai. Pohon ditanam tanpa perencanaan dan penataan yang baik.



pohon glodokan tiang pada kolom bangunan rektorat UI.

 

 

 

 

 

Masalah
1.Karakter arsiktektur Gedung Rektorat UI sangat kuat dengan kolom dan atap yang memayungi pada setiap lantai. Penanaman pohon glodokan tiang yang terletak tepat di samping kolom, menutupi bentuk kolom secara utuh. Garis-garis kolom yang berulang (repetisi), sebagian terlihat utuh, sebagian tertutup pohon glodokan tiang.
2.Ketinggian antara satu pohon dengan pohon yang lain tidak sama. Ada yang tinggi, sudah lama ditanam, ada yang baru ditanam.
3.Pohon akan terus tumbuh dan semakin tinggi, kemungkinan bisa menabrak atap.

Solusi
1.Pohon glodokan segera ditebang. Penempatan pohon glodokan tiang di samping kolom bangunan tidak tepat. (1) menutupi kolom arsitektur, sehingga secara visual menutupi sebagian bentuk bangunan. (2) glodokan tiang bukan jenis tanaman yang tepat dirancang di sebelah kolom bangunan.
2.Dapat ditanam semak rendah hijau daun (tidak berbunga) atau tanaman semak rendah dengan bunga kecil : seperti taiwan beauty (Cuphea hyssopifolia) yang dipangkas, secara teratur, wali songo (Schefflera arboricola) ditanam secara berkelompok.
3.Hindari merancang tanaman berbunga, karena konsep bangunan yang formal (fungsi bangunan sebagai kantor).

Pohon glodokan tiang mempunyai karakter daun sedang, bertajuk rapat, dan tumbuh ke atas seperti kolom. Biasa pohon glodokan tiang ditanam secara berkelompok dengan membentuk garis lurus (linier) pada area yang luas , untuk menutupi pandangan. Tidak disarankan dirancang pada tapak terbatas (taman rumah) di perkotaan.



No comment for Pohon Glodokan Tiang (Polyalthea longifolia) di Samping Kolom Gedung Rektorat UI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>