Pemeliharaan Tanaman di Dalam Pot : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING

Pemeliharaan Tanaman di Dalam Pot

(760 Views) Oktober 11, 2017 3:48 am | Published by | No comment



Penyiraman pada tanaman pot sebaiknya menggunakan air hujan, air ledeng, air sumur, dan air sungai. Air yang mengandung kaporit disarankan untuk didiamkan selam 12 jam, agar racunnya menguap dan tidak merusak pertumbuhan tanaman.

Setiap tanaman hias mempunyai jumlah kebutuhan air yang bermacam-macam; ada tanaman yang membutuhkan air yang banyak (basah), sedangkan tanaman hias yang lain hanya membutuhkan air yang sedikit. Tanaman yang lain, membutuhkan air yang cukup. Tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah banyak antara lain supplir, siram sehari 2 kali, pagi dan sore dalam jumlah banyak. Tanaman yang penyiraman dilakukan sehari sekali (pagi atau sore), misal Calathea, pakis kelabang (Nephrolepis Exaltata), palem waregu (Rhapis excelca). Sedangkan tanaman kering, misal sukulen dan kaktus, hanya disiram2-3 kali dalam satu minggu dengan jumlah terbatas.



Cara penyiramam pada tanaman di dalam pot adalah menyiram tanaman sampai akarnya basah dan sisa air terbuang melalui lubang drainase. Penyiraman dapat dilakukan melalui media. Cara lain dengan merendam pot tanaman dalam wadah air, sehingga air mengalir ke atas (media) di bagian atasnya.

Jenis pupuk dan dosis tergantung dari jenis tanaman , jenis tanaman berdaun berbeda pupuk dan dosisnya dengan jenis tanaman berbunga. Untuk tanaman di dalam pot gunakan pupuk organic. Sedangkan pada tahap vegetative gunakan pupuk dengan unsure nitrogen (dalam bentuk cair atau dalam bentuk butiran).

Salah satu hal yang perlu diketahui untuk menanam tanaman dalam pot adalah penambahan mulsa (penutup) berupa kerikil atau pecahan genteng, pada permukaan media tanam. Agar penguapan air tanah berkurang, dan mengurangi fluktuasi temperature siang dan malam.

media pot

Pemangkasan (pruning) pada tanaman tertentu akan membentuk tanaman menjadi lebih indah. Pengantian pot perlu dilakukan, bila akar tanaman sudah keluar dari lubang drainase. Pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar.

Pada saat memindahkan tanaman ke pot yang baru, pangkas sebagian akar, daun, dan ranting yang akan dipindahkan. Setelah tanaman dipindahkan ke pot yang baru, letakkan di area yang teduh (di bawah naungan selama 5-7 hari).



No comment for Pemeliharaan Tanaman di Dalam Pot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>