Opini : Bahaya Tangga Satu Langkah (single step) : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » opini » Opini : Bahaya Tangga Satu Langkah (single step) » Opini : Bahaya Tangga Satu Langkah (single step)

Opini : Bahaya Tangga Satu Langkah (single step)

(268 Views) September 5, 2017 3:40 am | Published by | No comment



Setiap melalui koridor ini, saya selalu merasa bahwa tangga satu langkah (single step) ini bahaya, dan benar saja, saya jadi korban. Di ujung koridor itu terdapat beberapa anak tangga, di bagian tengah terdapat satu langkah, dan di bagian ujung yang lain terdapat beberapa anak tangga. Pada hari itu, saya turun dari anak tangga terakhir di ujung koridor dan melihat sekilas ke arah koridor dan “merasa” bahwa tangga berikutnya di ujung koridor. Pada saat ada pesan singkat masuk, saya membaca pesan singkat di smartphone dan tidak melihat ada tangga satu langkah di bagian tengah.



Sangat mudah menyalahkan saya karena tidak hati-hati (berjalan sambil main smartphone), akan tetapi apakah membuat tangga satu langkah di tengah koridor itu, merupakan keputusan yang tepat? Saya sudah melihat jalur koridor sebelum melaluinya, tidak terlihat ada tangga satu langkah di tengah koridor, karena permukaan lantai yang sama (tidak terlihat perbedaan level), sehingga tidak mengira ada tangga satu langkah (arah turun ). Berbeda kondisinya jika naik, pasti akan terlihat dinding tangga yang tingginya 25 cm itu, kalau pun saya berjalan sambil main smartphone, paling tidak, kaki tersandung dan dengan cepat mengantisipasi agar tidak jatuh.

Bagaimana perilaku pejalan kaki di koridor itu? Jika sendiri 1) berjalan dengan hati-hati. 2) melihat lingkungan di sekitarnya 3) main gadget (seperti yang saya lakukan). 4) berjalan terburu-buru. Jika berdua 1) berjalan dengan hati-hati. 2) saling berbicara/berdiskusi/bercanda 3) main gadget. Rancangan seharusnya mengantisipasi perilaku penguna, agar penguna dapat mengunakan fasilitas umum dengan aman, paling tidak meminimalisir bahaya.

Di Amerika Serikat, penyebab orang jatuh di tangga karena : 1) tergelincir (paling banyak), 2) saat turun tangga, 3) tidak ada pegangan tangga, 4) lokasi yang tidak terduga terdapat tangga, misalnya tangga satu/dua langkah yang terdapat di dekat pintu atau di ruangan.

Tangga satu langkah itu bahaya, karena kehadirannya tak terduga dan tak dapat diantisipasi oleh pengguna.



No comment for Opini : Bahaya Tangga Satu Langkah (single step)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>