Lansekap Sekolah Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, Kota Baru Parahyangan : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Taman Resto Perumahan Club House » perumahan » Kota Baru Parahyangan » Lansekap Sekolah Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, Kota Baru Parahyangan

Lansekap Sekolah Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, Kota Baru Parahyangan

(934 Views) April 12, 2017 1:54 pm | Published by | No comment



Lansekap sekolah Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Jawa Barat terletak pada lahan berkontur. Bentukan kontur yang berbukit memberikan keindahan secara visual, namun bila pengolahan tanah tidak dilakukan secara hati-hati, akan mudah menimbulkan erosi. Untuk itu, kemiringan kontur tidak terlalu tajam dan digunakan rumput dan pohon pinus untuk menahan terjadinya erosi.

Lahan berkontur ditanam pohon cemara.

 

 

 

 

 

Desain bangunan memberikan pengaruh besar terhadap desain lansekap. Bentuk bangunan mempunyai fasad dan warna yang berbeda, bila dilihat dari tiga sisi ;
1.Sisi pertama, fasad bangunan melengkung dengan gradasi warna hijau.
2.Sisi ke-dua, fasad bangunan melingkar dan kotak geometris dengan warna putih dan gradasi warna oranye.
3.Sisi ke tiga, (dari arah jembatan, pintu masuk utama) bentuk bangunan kotak geometris dengan gradasi warna oranye dan hijau.

Jenis pohon yang digunakan pohon pinus dan ditanam secara acak, sehingga sebagian fasad bangunan terlihat dan sebagian tertutup pohon.

Setiap area di dalam kompleks sekolah mempunyai pola lansekap yang berbeda. Di kawasan pintu masuk utama, terdapat jalur sirkulasi kendaraan dan tempat parkir. Tanaman ditanam berkelompok dan mengarahkan kendaraan dan pejalan kaki yang akan memasuki area sekolah.

Setelah melewati pergola, pejalan kaki akan melewati jembatan menuju bangunan sekolah. Dari jembatan terlihat keindahan kontur yang ditanam rumput dan tanaman perdu sebagai pembatas.



pemandangan dari jembatan menuju pintu utama menuju sekolah al azhar parahyangan.

 

 

 

 

 

 

Terdapat dua lapangan yang dibatasi bangunan, lapangan untuk upacara dan bermain, di pinggir lapangan ditanam pohon pinus yang berfungsi sebagai penghalang sinar matahari yang masuk ke dalam bangunan.

Pembentukan ruang luar muncul dari pengolahan perkerasan lantai yang menggunakan batu alam dan paving (dengan rumput). Perbedaan material ini membentuk ruang dan memisahkan ruang satu dengan ruang yang lainnya. Di puncak salah satu bangunan penghubung, terdapat jam besar yang menjadi penanda waktu bagi semua orang yang berada di dalam komplek sekolah.

jam besar penunjuk waktu di al azhar parahyangan.

 

 

 

 

 

Setelah lapangan di sebelah kiri terdapat tangga yang berfungsi untuk tempat duduk-duduk dan membaca bagi siswa. Tangga ini diakhiri dengan bentukan horizontal.



No comment for Lansekap Sekolah Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, Kota Baru Parahyangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>