Kesalahan Umum Pemilihan dan Penataan Tanaman di Depan Fasad Bangunan : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » masalah » Kesalahan Umum Pemilihan dan Penataan Tanaman di Depan Fasad Bangunan » Kesalahan Umum Pemilihan dan Penataan Tanaman di Depan Fasad Bangunan

Kesalahan Umum Pemilihan dan Penataan Tanaman di Depan Fasad Bangunan

(678 Views) Maret 6, 2017 9:26 am | Published by | No comment



Dalam perancangan taman dan lansekap dalam suatu kawasan, bangunan dan tanaman merupakan satu kesatuan. Apakah fokus utama pada bangunan atau pada tanaman yang berada di sekitar bangunan? Apabila fokus utama pada bangunan, maka tanaman menjadi latar belakang back ground dan front ground dari bangunan. Akan tetapi, pemilihan dan penataan tanaman di depan bangunan tidak dipikirkan dampak visual yang ditimbulkan. Kanopi pohon menutupi sebagian bangunan, sehingga bentuk bangunan tidak terlihat utuh.

Ada beberapa kesalahan dalam pemilihan dan penataan tanaman, dan perlu-tidak perlu dirancang tanaman di dekat bangunan.

1.Terlalu memaksa menanan pohon, semak, di dekat bangunan.Pada kondisi tertentu, biarkan bangunan utuh tidak perlu ada tanaman (pohon/tanaman perdu/semak tinggi) di sekitar bangunan yang akan menutupi fasad, sehingga bentuk bangunan dapat terlihat sempurna.

2.Tanaman menutupi bangunan, padahal tanaman seharusnya memperindah bangunan, menjadi bagian dari bangunan.

3.Penempatan tanaman tidak mempertimbangkan tempat (titik) pengamat atau seseorang yang mengamati bangunan pada saat berdiri atau berjalan melihat bangunan. Bangunan biasa dilihat dari arah pintu utama.



4.Salah memilih dan menempatkan pohon/perdu/semak di sekitar bangunan, yang menyebabkan pertumbuhan tanaman tidak sempurna, misal menata bangunan terlalu dekat dinding/atap. Tanaman dapat merusak bangunan.

5.Pemilihan jenis pohon, palem, bambu, dan tanaman perdu tinggi harus disesuaikan dengan konsep site plan dan bangunan.

6.Tanaman tinggi dengan tajuk yang rimbum secara signifikan akan menutup pandangan ke arah bangunan atau ornamen arsitektur.

7.Tidak mempertimbangkan pertumbuhan tanaman. Perencanaan/perancangan berdasarkan pada saat tanaman/pohon ditanam. Tinggi pohon pada saat ditanam antara 1.5-2 meter dan tidak rimbun. Setelah 5-6 tahun kemudian tajuk pohon akan semakin rimbun dan menutupi fasad bangunan.

8.Tidak dilakukan pemotongan pada sebagian batang/cabang pohon, padahal sudah menutupi sebagian bangunan.

9.Tajuk pohon yang terlalu rimbun dan menutupi bangunan dapat menyebabkan sinar matahari terhalang masuk ke dalam rumah. Rumah menjadi lembab dan tidak segar.

pohon menutupi fasad bangunan.

penataan tanaman di depan bangunan yang ideal.Pohon menempel pada fasad bangunan

 

 

 

 

Perancangan pohon yang ideal di depan bangunan, tidak menempel pada bangunan, sehingga fasad bangunan masih jelas terlihat.



No comment for Kesalahan Umum Pemilihan dan Penataan Tanaman di Depan Fasad Bangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>