Jenis Semak dan Ground Cover untuk Taman Atap : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » seri taman atap » Jenis Semak dan Ground Cover untuk Taman Atap » Jenis Semak dan Ground Cover untuk Taman Atap

Jenis Semak dan Ground Cover untuk Taman Atap

(465 Views) September 6, 2017 3:47 am | Published by | No comment



Pemilihan jenis semak dan groud cover yang akan ditanam di taman atap, lebih mudah dibandingkan jenis pohon. Akan tetapi, perlu diketahui (1) Apakah taman atap selalu terpapar matahari sepanjang waktu (dari pagi sampai sore)? (2) Apakah ada bangunan tinggi, yang bayangannya jatuh ke roof garden?

Sebelum memilih tanaman semak dan ground cover untuk taman atap, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain ;

1.Jenis tanaman semak dan ground cover pada area taman atap yang terpapar sinar matahari sepanjang waktu, mengunakan tanaman yang tumbuh subur di bawah sinar matahari, misal rumput, wedelia trilobata, kacang hias (arachis pintoi).

2.Jenis tanaman yang terkena bayangan gedung menggunakan jenis tanaman berdaun indah, misal Kucai mini (Ophiopogon Jaburan), Katis kodok variegata (sanseviera trifasciata variegata), pakis kelabang (Nephrolepis falcata).

3.Sebaiknya menggunakan jenis tanaman yang mempunyai akar bonggol dan serabut, akar jenis ini tidak dalam dan tidak merusak lapisan kedap air (waterproofing), misal lili ungu (Agapanthus orientalis), bunga bakung (Lilium sp).

4.Arus angin di atap sangat kencang, untuk itu gunakan jenis tanaman yang tidak berdaun lebar, tipis, dan mudah robek, misal pisang-pisangan Heliconia), kana (Canna generalis), Brojo lintang (Belamcanda chinensis).



5.Jenis tanaman yang mempunyai daun yang tebal, dapat digunakan untuk taman atap, misal agave.

6.Taman atap membutuhkan air yang banyak untuk penyiraman tanaman, karena penguapan yang tinggi, hindari jenis tanaman yang membutuhkan air yang banyak untuk ditanam di taman atap, misal supplir dan tanduk rusa (platycerium andinum).

7.Sebaiknya gunakan tanaman yang tahan terhadap panas misal siklok, agave, puring (Codiaeum variegatum), dan sambang dara (Excoecaria cochinchinensis).

8.Hindari menggunakan tanaman semak yang mudah menggugurkan daun dan bunga, misal bougenville, dan bambu.

9.Media tanam yang digunakan untuk menanam ground cover dan semak di taman atap, media tanam yang bersifat porous (tidak menyerap air ) dan mudah membuang air.

10.Kelebihan air pada saat penyiraman harus disalurkan ke saluran drainase.

11.Media tanam untuk ground cover, kira-kira 15-20 cm, sedangkan media tanam untuk semak antara 40-50 cm, tergantung jenis tanaman.



No comment for Jenis Semak dan Ground Cover untuk Taman Atap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>