Dinding Penahan Tanah Di Daerah Tapos : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Serial Dinding » Dinding Penahan Tanah Di Daerah Tapos » Dinding Penahan Tanah Di Daerah Tapos

Dinding Penahan Tanah Di Daerah Tapos

(341 Views) Februari 17, 2018 12:48 am | Published by | No comment



Dinding penahan tanah (retaining wall) berfungsi untuk menahan, agar tanah tidak longsor. Dinding ini harus kuat dan tahan lama. Sebagian dinding penahan tanah tidak dilapisi semen dan dicat, tapi batu kali yang tersusun membentuk dinding dibiarkan terlihat. Salah satu dinding penahan tanah yang tidak dilapisi (plur) semen dan dicat terdapat di daerah Tapos, Jawa Barat.

Dinding ini menahan tanah dari bukit yang ada di belakangnya. Dinding tidak tinggi, kira-kira 2 meter. Area ini terletak di area pintu masuk rumah (area penerima –parkir-), sehingga perlu ditata dan menjadi titik pandang pada saat masuk ke kawasan itu.

Dinding penahan tanah dibangun dari batu kali dan dibiarkan apa adanya, tidak ditutup semen. Lumut yang menempel di dinding itu (menempel di batu kali), tidak dibersihkan, agar terkesan alami.



Dinding penahan tanah di Tapos.

Di depan dinding dibuat got kecil, yang berfungsi mengalirkan air hujan dari bukit. Lebar got kira-kira 15-20 cm. Ada tiga patung kodok di atas di dinding itu, dan ada tiga tempayan yang menampung air yang seakan-akan disemburkan dari patung kodok. Patung kodok tidak persis terletak di atas dinding penahan tanah, tapi diberikan tempat khusus dengan membuat tatakan berbentuk segitiga di bagian atas dinding.

Ketiga tempayan mempunyai warna dan motif yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Tempayan terbuat dari keramik dan diletakkan pada tatakan khusus (tidak langsung berada di lantai). Walaupun berada di depan dinding, tapi patung kodok dan tempayan keramik, diberikan tempat khusus untuk peletakkanya, agar proporsional dalam penataan dinding penahan tanah secara keseluruhan.

Berbagai jenis pakis dirancang di bagian belakang dinding penahan tanah (di belakang patung kodok). Walau terlihat alami, tapi semua jenis pakis itu ditata dengan konsep tertentu. Pakis yang tinggi terletak di bagian belakang, ada jarak antara satu dengan yang lain, agar sinar matahari tidak menutupi tanaman yang ada di bawahnya. Jenis tanaman pakis yang lebih rendah dirancang di bagian depan dan rapat.



No comment for Dinding Penahan Tanah Di Daerah Tapos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>