Cara Merancang Lotus (Nelumbo Nucifera) : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » tanaman air » Cara Merancang Lotus (Nelumbo Nucifera) » Cara Merancang Lotus (Nelumbo Nucifera)

Cara Merancang Lotus (Nelumbo Nucifera)

(199 Views) Desember 20, 2018 9:54 am | Published by | No comment



Nama tanaman : Lotus (Nelumbo Nucifera)
Spesifikasi lansekap : Tanaman Air
Rekomendasi lokasi taman : di dalam pot, di dalam kolam : untuk taman rumah, taman kantor, taman hotel bergaya tropis, resort.
Taman gaya: informal, formal, taman tropis,

Deskripsi Lotus (Nelumbo Nucifera)

Tinggi tanaman 30-80 cm. Tekstur daun berbentuk bulat dan tipis dengan ukuran diameter 20-30 cm. Batang berwarna hijau tua, lurus, dan lentur. Di ujung batang terdapat daun atau bunga. Bunga berwarna gradasi merah muda sampai berwarna putih. Bunga lotus pada saat kuncup dan mekar, sangat menarik perhatian. Pada saat kuncup bunga berbentuk bola dengan ujung yang lancip, di bagian bawah berwarna merah muda sedangkan di bagian atas berwarna putih. Pada saat mekar, mahkota bunga saling bertumpuk satu dengan yang lain. Jika mahkota bunga gugur, terlihat dasar bunga yang mengering.

Pertumbuhan lotus lambat, tumbuh dalam kelompok, jumlah daun tidak banyak dalam satu kelompok. Bentuk tanaman tidak rimbun. Tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh.



Nelumbo nucifera-lotus.tanaman air pot.

Cara Merancang Lotus (Nelumbo Nucifera) pada Taman

1. Lotus (Nelumbo Nucifera) dirancang di dalam pot yang berisi air atau di dalam kolam, dan letakkan di taman/area yang terkena sinar matahari penuh sepanjang hari. Letakkan tanaman lotus di titik pandang utama, sehingga mudah dilihat dari segala arah.
2. Pilih pot dengan diameter 80-100 cm, ketinggian pot 60-80 cm, agar proporsional dengan tinggi tanaman Lotus (Nelumbo Nucifera).
3. Di dalam kolam, lotus dapat dirancang dalam kelompok kecil, sebagai aksen di dalam kolam (tata di bagian tengah kolam). Atau dalam kelompok besar dan hanya tanaman lotus yang ada di dalam kolam tersebut.
4. Lotus (Nelumbo Nucifera) di dalam kolam dapat dirancang dengan kapu-kapu (Pistia stratiotes). Lotus sebagai tanaman utama, sedangkan kapu-kapu sebagai tanaman latar. Sebarkan kapu-kapu di sekitar lotus dalam kelompok kecil 2-3 kapu-kapu. Jika, kapu-kapu terlalu banyak (menyebar di permukaan kolam), dikurangi, karena akan mengganggu keindahan lotus.
5. Tidak disarankan merancang Lotus (Nelumbo Nucifera) dengan tanaman air yang mempunyai bunga yang indah, seperti water poppy (Hydrocleis nymphoides), melati air (Echinodorus palaefolius), dan teratai (Nymphaea sp.), karena memberikan kesan penuh dan padat. Selain itu, keindahan bunga dan daun Lotus tidak menonjol, karena semua tanaman tersebut mempunyai bunga yang indah.
6. Tidak disarankan merancang Lotus (Nelumbo Nucifera) dengan tanaman pepayungan (Cyperus altemifolius) dan Thalia dealbata (Kana air), karena karakter tanaman lotus elegan dan mempunyai aksen yang kuat.



No comment for Cara Merancang Lotus (Nelumbo Nucifera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>