Cara Menyiram Kaktus atau Tanaman Sukulen : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cara » Cara Menyiram Kaktus atau Tanaman Sukulen » Cara Menyiram Kaktus atau Tanaman Sukulen

Cara Menyiram Kaktus atau Tanaman Sukulen

(3954 Views) Januari 31, 2017 9:49 am | Published by | No comment



Bagaimana menyiram tanaman kaktus dan sukulen? Tanaman kaktus yang tumbuh di taman dan di dalam pot. Tanaman kaktus dan sukulen merupakan tanaman yang tumbuh baik di tanah yang kering (berpasir). Apabila penyiraman terlalu banyak, dapat menyebabkan tanaman mati.

Penyiraman harus dilakukan secara perlahan, agar air menyerap di dalam tanah dan  air dapat diserap akar tanaman secara sempurna. Penyiraman secara perlahan dapat dilakukan melalui selang kecil (yang menetes) selama 2-6 jam (pada tanaman sukulen yang tumbuh di tanah). Pada tanaman kaktus dan sukulen yang tumbuh di dalam pot, gunakan cerek dengan lubang kecil. Durasi waktu penyiraman tergantung dari besar dan banyak tanaman. Semakin besar dan semakin banyak jenis tanaman sukulen pada taman, butuh waktu penyiraman yang lebih lama.



Taman kaktus, cara menyiram taman kaktus dan sukulen.

Tanaman yang sudah besar dan tua mempunyai tempat penyimpanan air yang besar, sehingga penyiraman dilakukan lebih lama, dibandingkan dengan tanaman baru-muda.

Hindari menyiram tanaman kaktus yang baru ditanam, karena akar tanaman belum siap menyerap air. Setelah dipindahkan ke dalam pot, biarkan tanaman tumbuh dan akar menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru. Setelah akar cukup kuat, dapat dilakukan penyiraman.

Pada saat cuaca panas disarankan untuk menyiram tanaman kaktus lebih sering, sedangkan pada musim penghujan tidak perlu dilakukan penyiraman. Kondisi tanah pada tanaman kaktus dan sukulen harus porous, sehingga mudah menyerap dan mengalirkan sisa air. Tanah yang mengeras dan mengandung air dapat menyebabkan pembusukan pada akar.

Tanaman kaktus disiram di sekitar area perakaran saja. Hindari menyiram tanaman kaktus dengan banyak air, karena dapat menyebabkan akar dan tanamam mudah busuk.

Penyiraman dapat dihentikan, bila penyerapan (penetrasi) air ke dalam tanah sudah mencapai 30 cm di bawah tanah (tanah sudah basah). Pastikan tidak ada air yang tergenang di sekitar tanaman pada saat hujan, karena dapat menyebabkan akar busuk.

Waktu penyiraman pagi : pukul 06.00 – 09.00

Waktu penyiraman sore : pukul 15.00 – 18.00.

Jadual penyiraman tergantung dari musim, cuaca, kelembaban udara, besar-kecil tanaman, tipe tanah, dan kecepatan angin.



No comment for Cara Menyiram Kaktus atau Tanaman Sukulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>