Cara Mengetahui Struktur Tanah yang Subur Untuk Taman dan Lansekap : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cara » Cara Mengetahui Struktur Tanah yang Subur Untuk Taman dan Lansekap » Cara Mengetahui Struktur Tanah yang Subur Untuk Taman dan Lansekap

Cara Mengetahui Struktur Tanah yang Subur Untuk Taman dan Lansekap

(500 Views) Februari 4, 2017 1:26 pm | Published by | No comment



Tanah mempunyai ciri-ciri fisik, kimia, dan biologi yang menandakan apakah tanah tersebut subur atau tidak. Struktur tanah yang subur perlu diketahui, karena berhubungan dengan pertumbuhan tanaman. Secara garis besar, tanah terbagi tiga, yaitu tanah remah, tanah liat, dan tanah pasir.

Struktur tanah remah

Udara dan air berjalan lancar di dalam tanah. Temperatur tanah stabil. Ini memacu pertumbuhan jasad renik tanah. Jasad renik memegang peranan penting dalam proses pelapukan bahan organik di dalam tanah. Untuk memperbaiki struktur tanah, tambahkan pupuk organik (pupuk kandang, kompos, atau pupuk hijau ). Struktur tanah remah merupakan tanah yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman pada taman dan lansekap.



Struktur tanah liat (struktur tanah yang tidak subur)

Tanah ini tersusun dari partikel yang kecil dan halus. Kehalusannya membuat tanah liat menggumpal pada musim hujan, dan menghisap air. Tanah liat akan menahan air dengan kuat, sehingga tanah menjadi lembab dan udara berputar sangat lambat di dalam tanah.

Bila tanah kering, tanah liat akan menggumpal seperti batu dan semakin kedap terhadap udara. Tanaman akan menderita ditanam dengan menggunakan media tanah liat, karena akar tanaman tidak mampu menembus lapisan tanah padat, sehingga tanaman akan kekurangan nutrisi dan zat-zat yang diperlukan untuk tumbuh. Tanah lihat tidak disarankan digunakan untuk media tanaman pada taman dan lansekap. Karena struktur yang kecil dah halus, maka tanah liat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat keramik dan batu bata.

Struktur tanah pasir

Tanah pasir mempunyai struktur terlalu porous. Sifat porous tanah sangat mudah merembeskan air yang mengangkut zat-zat makanan, hingga jauh ke dalam tanah. Akibatnya, zat-zat makanan yang dibutuhkan tanaman tersebut tidak bisa terjangkau oleh akar. Umumnya unsur hara yang diserap oleh akar pada pH 6-7, karena pada pH tersebut sebagian besar unsur hara mudah larut dalam air.

Pada beberapa kasus, tanah eksisting yang tidak memiliki struktur tanah remah dapat menggunakan tanah remah yang didatangkan dari luar lokasi proyek.



No comment for Cara Mengetahui Struktur Tanah yang Subur Untuk Taman dan Lansekap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>