Cara Memilih dan Memelihara Ikan Untuk Kolam Ikan di Taman : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Cara » Cara Memilih dan Memelihara Ikan Untuk Kolam Ikan di Taman » Cara Memilih dan Memelihara Ikan Untuk Kolam Ikan di Taman

Cara Memilih dan Memelihara Ikan Untuk Kolam Ikan di Taman

(1110 Views) Agustus 15, 2017 12:02 pm | Published by | No comment



Ikan dengan warna yang cerah akan lebih menarik dimasukkan ke dalam kolam ikan di taman. Gerakan ikan yang berenang di dalam kolam yang berwarna gelap, memberikan kesan dinamis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan memelihara ikan di dalam kolam ikan hias.

1.Pilih dan beli ikan yang sehat, yang memiliki mata yang bening. Mata ikan tidak cembung dan cekung, sirip tidak koyak, sisik ikan bersih dan tidak ada luka. Ikan berenang aktif.

2.Jenis ikan yang indah terlihat dari atas kolam, dan kuat (mudah hidup di lingkungan kolam ikan), antara lain ; ikan koi (mempunyai warna dan bentuk yang indah), ikan komet mempunyai panjang tumbuh maksimal mencapai 20 cm, ikan koki (jenis butterfly tail dan broadtail mempunyai bagian ekor yang indah).



cara memilih ikan untuk kolam ikan di taman.

 

 

 

 

 

3.Jumlah ikan harus disesuaikan dengan luas kolam ikan. Hindari menempatkan ikan dalam jumlah banyak pada kolam yang kecil, karena sebagian jenis ikan mudah berkembang biak.

4.Jika dalam satu kolam terdapat beberapa jenis ikan, pisahkan ikan predator, yang memakan ikan-ikan yang lebih kecil.

5.Sebaiknya ikan koi tidak dicampur dengan ikan dari jenis ikan lain, misal ikan mas koki karena bentuk tubuh ikan yang jauh berbeda.

6.Jenis ikan koi membutuhkan kolam dengan standar khusus (kedalaman dan sirkulasi udara dan air yang baik).

7.Kolam yang baru dibuat, harus dibiarkan selama 1-3 minggu, sebelum ikan dimasukkan ke kolam, agar kondisi dan kualitas air menjadi stabil.

8.Ikan di dalam plastik yang baru dibeli, jangan langsung dilepas ke dalam kolam. Tapi, ikan yang masih di dalam plastik dimasukkan ke dalam kolam ikan selama 20 menit. Setelah itu, lepaskan ikan ke dalam kolam.

9.Jangan beri makanan ikan selama 2 hari, setelah ikan dimasukkan ke dalam kolam.

10.Hindari memberi makanan ikan berlebih, karena sisa makanan akan tenggelam ke dalam dasar kolam dan menurunkan kualitas air kolam.

11.Periksa kualitas air kolam secara rutin, jika kegiatan ikan terlihat tidak normal, kemungkinan terjadi penurunan kualitas air kolam.

12.Jika ada ikan yang sakit segera pisahkan dari kelompoknya dan diobati.



No comment for Cara Memilih dan Memelihara Ikan Untuk Kolam Ikan di Taman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>