Beda Tanaman Kaktus dan Sukulen : majalah arsitektur lansekap
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tanaman » Kaktus dan Sukulen » Beda Tanaman Kaktus dan Sukulen » Beda Tanaman Kaktus dan Sukulen

Beda Tanaman Kaktus dan Sukulen

(2493 Views) Oktober 2, 2017 10:08 am | Published by | 1 Comment



Pada pameran flora dan fauna yang diadakan oleh Dinas Pertamanan DKI, Jakarta, bulan Juli 2017, ada beberapa booth tanaman yang menjual tanaman kaktus dan sukulen. Jenis tanaman kaktus dan sukulen yang dijual bermacam-macam ; besar, kecil, jenis tanaman kaktus dan sukulen yang baru, dan unik. Ukuran tanaman didominasi tanaman berukuran kecil, antara 10-20 cm. Banyak yang membeli untuk koleksi atau dijadikan hiasan untuk meja kerja dan meja di ruang tamu.

Tanaman kaktus dan tanaman sukulen diletakkan dalam satu area, sulit bagi pembeli membedakan tanaman kaktus atau tanaman sukulen, karena bentuk tanaman yang unik. Kedua jenis tanaman tersebut merupakan tanaman dari habitat kering. Bagaimana cara membedakan tanaman kaktus dan sukulen?

Kaktus (cactus) berasal dari kata kaktos (tanaman berduri), dari bahasa Latin. Pada perkembangannya, tidak hanya tanaman yang berduri masuk dalam golongan tanaman kaktus. Tanaman yang mempunyai daun yang sedikit, berambut, tebal, dan batang menyimpan cadangan air masuk dalam golongan kaktus. Ada 2000 jenis kaktus, dari ukuran kecil (1 cm) sampai ukuran yang sangat besar 50 kaki (feet). Kaktus tumbuh di daerah panas.

kaktus

Sukulen (succulents), mempunyai daun yang banyak, menyimpan air, mempunyai bentuk yang tebal, dan berdaging. Sukulen berasal dari bahasa Latin, sucus yang berarti berair. Tanaman sukulen mempunyai bentuk dan warna yang menarik.



Perbedaan mendasar antara kaktus dan sukulen, kaktus berduri, tidak berdaun (jika ada hanya sedikit), dan mempunyai batang yang tebal. Sedangkan, sukulen mempunyai daun (cabang) yang banyak dan tebal. Daun
menyimpan air.

sukulen donkey tail.

Dua buah tanaman kaktus dari bentuk yang berbeda dapat digabungkan/ditempelkan satu dengan yang lain menjadi satu jenis tanaman, misal kaktus berbentuk batang ditempelkan dengan kaktus berbentuk bulat di bagian atasnya.




Kaktus dan sukulen tumbuh sebagai tanaman ornamental karena mempunyai bentuk yang unik. Tanaman kaktus dan sukulen toleran terhadap kelembaban di dalam ruangan, pertumbuhan lambat, dan menyesuaikan diri dengan tempat (pot) tumbuh. Kaktus dan Sukulen dijadikan tanaman di dalam ruangan karena mudah dalam pemeliharaan.



1 Komentar for Beda Tanaman Kaktus dan Sukulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>